Loster kayu adalah tambahan serbaguna yang bisa membuat rumah kesayanganmu semakin menarik secara visual, baik untuk interior maupun eksterior. Panel-panel ini dibuat dengan presisi sehingga dapat disusun sedemikian rupa atau digunakan secara terpisah. Elemen artistik dari loster kayu tercipta lewat pola bukaan yang rumit, yang juga memiliki fungsi praktis.

Tak cuma fungsional, loster kayu juga bisa digunakan untuk meningkatkan estetika pada dinding, langit-langit, maupun fasad, serta menjadi focal point pada rumah kamu. Berbeda dengan loster dengan bahan beton, visual serat kayu pada loster menambahkan nuansa alami dan eksotis di rumah. Kalau kamu tertarik, berikut ini tujuh ide penggunaan loster kayu yang unik pada hunian!

Loster Kayu untuk Dinding

Dinding tak harus selalu terbuat dari beton. Kamu bisa menggunakan loster kayu sebagai dinding pada bagian teras rumah yang tertutup. Penggunaan material ini dengan kerapatan lubang yang sempit memberikan kesan tertutup dari luar, tetapi dari dalam, cahaya matahari dan angin masih bisa menembus, sehingga memberikan kesan outdoor. Selain itu, penggunaan dinding dengan loster kayu ini berfungsi sebagai penghalang pandangan orang dari luar ke dalam rumah, yang biasanya langsung bisa melihat apa yang ada di balik jendela. Dengan loster ini, kamu tetap bisa melihat apa yang ada di luar rumah tetapi orang di luar rumah tidak bisa melihat ke dalamnya.

Loster Kayu Sebagai Partisi Ruangan

Ruangan dengan konsep open space atau tanpa tembok pemisah, yang menggabungkan sejumlah area seperti ruang keluarga, ruang makan, dan pantry menjadi satu memang sedang menjadi tren. Konsep ini membuat suasana rumah menjadi lebih akrab dan memberikan kesan luas pada ruangan, terutama pada rumah-rumah berukuran kecil. Tetapi ada kalanya, pemilik rumah juga ingin memiliki batasan yang jelas antar area-area tersebut. Di sinilah, partisi menjadi solusi. Partisi adalah elemen yang berfungsi sebagai pemisah atau penegas batas antar area, namun tidak sekaku dan setebal tembok. Karenanya, kamu bisa menggunakan beberapa susun loster kayu sebagai partisi, misalnya di antara area ruang keluarga dan ruang makan.  Keberadaan loster sebagai partisi memunculkan batasan yang jelas antara satu area dengan area lainnya. Di sisi lain, ketebalannya yang lebih tipis dari tembok, sifatnya yang mudah dipindahkan, serta lubang-lubang yang terdapat pada loster membuat ruangan tetap terlihat lega meski terdapat batasan yang jelas.

Untuk Hiasan Dinding

Loster kayu jadi pilihan yang menarik untuk menghiasi ruangan di rumah kamu. Panel-panel kayu ini menggabungkan keindahan alam dengan seni kerajinan tangan yang presisi. Pola-pola yang rumit menciptakan tampilan yang penuh pesona dan keanggunan. Berbagai pilihan kayu yang tersedia serta beragam warna varnish sebagai finishing-nya, membebaskan kamu untuk menggunakannya sesuai dengan tema interior rumah secara keseluruhan. Pilihlah satu panel loster kayu berukuran besar dengan ukiran yang paling menarik. Kemudian, tempelkan pada dinding di tengah-tengah ruangan, tambahkan pencahayaan dekoratif di sekitarnya, dan voila! Kamu punya focal point yang eksotis di ruang tengah rumahmu.

Loster Kayu untuk Screening

Buat kamu yang ingin punya patio atau area outdoor di halaman depan rumah, tapi suka merasa risih karena terlihat oleh orang dari luar, maka kamu bisa menggunakan loster kayu untuk screeningScreening dengan loster ini mirip dengan partisi ruangan, yakni sebuah panel atau susunan panel besar dan diletakkan secara vertikal di sebuah area. Jika partisi berguna untuk membagi area dalam ruangan, maka screening bertujuan untuk menghalangi pandangan dari sudut tertentu. Screening tak cuma memberikan privasi, tetapi juga melindungi dari angin atau bahkan matahari berlebih, dan menciptakan tampilan yang estetik. Loster kayu menciptakan perpaduan antara fungsionalitas dan keindahan, menjadikannya pilihan yang populer untuk meningkatkan tampilan dan fungsi area outdoor di hunian kamu.

Untuk Lubang Angin

Sebagai negara beriklim tropis, sebagian besar wilayah Indonesia merupakan kawasan dengan kelembapan udara yang tinggi. Karena itu, hampir di setiap rumah di negeri ini punya lubang angin, yang biasanya ditempatkan di atas pintu dan jendela sebagai ventilasi tambahan. Biasanya, lubang angin ini dibiarkan polos atau ditutup teralis. Nah, untuk menjadikannya lebih artistik, kamu bisa menggunakan loster kayu pada lubang angin tersebut. Untuk menjaga agar sirkulasi udara tetap lancar, sebaiknya kamu menggunakan loster dengan kerapatan pola yang rendah, sehingga memiliki cukup rongga untuk jadi saluran keluar masuk udara.

Untuk Pencahayaan

Loster kayu juga cocok untuk digunakan sebagai elemen dekoratif pada jendela. Kamu bisa menggabungkan loster ini dengan memasang kaca di bagian tengahnya. Pilihlah loster berukuran besar untuk dapat memberikan bukaan cahaya yang lebih besar. Selanjutnya, kamu bisa menempatkan beberapa buah loster untuk memperbanyak bukaan cahaya ke dalam rumah. Kalau ingin menggunakan loster kayu sebagai lubang pencahayaan atau jendela, sebaiknya pilih yang memiliki ukiran di bagian tepinya saja, sementara bagian tengahnya berlubang. Dengan begitu, pasokan cahaya matahari yang masuk bisa lebih banyak.

Sebagai Bingkai Kasa Nyamuk

Selanjutnya, loster kayu juga bisa digunakan untuk bingkai kasa nyamuk. Lagi-lagi, karena tinggal di negara tropis, nyamuk bukan lagi binatang yang asing bagi orang Indonesia. Di satu sisi, kita membutuhkan lubang angin, baik di atas pintu kamar ataupun di atas pintu dan jendela untuk memperbanyak ventilasi udara. Tetapi di sisi lain, lubang tersebut akan jadi jalan masuk bagi nyamuk-nyamuk yang mengganggu. Nah, sekarang loster kayu sudah ada yang dibuat dengan kasa nyamuk. Prinsipnya kurang lebih sama dengan loster kayu untuk pencahayaan, namun alih-alih menggunakan kaca, loster kayu ini menggunakan kawat nyamuk atau kasa nyamuk. Dengan begitu, udara di dalam kamar tetap bisa bersirkulasi dan sekaligus bebas dari nyamuk. Penggunaan loster kayu pun menambah estetika pada ruangan secara keseluruhan.

Demikian ide penggunaan loster kayu yang unik, baik untuk dijadikan partisi ruangan, penambah privasi, atau sekadar sebagai elemen dekoratif dan memperkuat focal point di dalam rumah. Kira-kira ide yang mana, nih yang akan kamu terapkan di hunian?